Raker IKA Himadit FMIPA Unhas Tetapkan Program Kerja Strategis

Berita, Kabar Alumni1068 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Ikatan Alumni Himpunan Mahasiswa Diploma Tiga Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin (IKA Himadit FMIPA Unhas) gelar rapat kerja (Raker) Ahad pekan lalu, di rumah makan Kota Daeng, Makassar.

Raker dibuka oleh Sekretaris IKA FMIPA Unhas, Ekafadly Jusuf. Dalam ambutannya alumni Departemen Biologi Angkatan 95 ini mengharapkan, agar IKA Himadit dapat bersinergi dengan IKA FMIPA dan IKA Departemen lainnya dalam mengeksekusi program kerja.

IKA Himadit FMIPA merupakan IKA yang unik, karena anggotanya hanya terbatas pada tujuh angkatan, yakni angkatan 1985–1991 dengan total anggota 960 orang.

Saat ini program Diploma Tiga MIPA yang merupakan ikatan dinas tersebut sudah tidak ada lagi. Pada awalnya program Diploma Tiga MIPA ikatan dinas ini untuk memenuhi kebutuhan guru IPA pada sekolah-sekolah di seluruh nusantara.

Masing-masing divisi fokus menyusun program kerja yang akan ditawarkan pada sidang pleno.

Kini alumninya tersebar di seluruh penjuru tanah air dan menunjukkan kiprahnya di berbagai bidang.

IKA Himadit MIPA menunjukkan eksistensinya dengan menyusun berbagai program kerja yang menarik dalam berbagai bidang dalam forum Raker.

Berikut daftar program kerja yang dihasilkan dalam Raker tersebut, sesuai dengan divisi yang ada dalam struktur organisasi.

Divisi Organisasi & Keanggotaan
~ Mempersatukan dan mempererat tali persaudaraan antara sesama alumni Himadit FMIPA Unhas (Silatnas);
~ Meningkatkan dan mengembangkan wawasan Iptek lingkup MIPA dan kemampuan keorganisasian, baik melalui kegiatan formal maupun informal;
~ Koordinasi dan penguatan IKA Himadit FMIPA Unhas (Dies Natalis).

Divisi Pengembangan Sumber Daya Alumni
~ Memfasilitasi kegiatan pelatihan dan mendukung kapasitas alumni Himadit FMIPA Unhas dengan kolaborasi dalam pembelajaran (Penguatan Konsep);
~ Memfasilitasi kegiatan pelatihan dalam meningkatkan kompetensi alumni melalui kerja sama/kolaborasi antara alumni Himadit dengan IKA FMIPA Unhas dalam pembelajaran mahasiswa mengajar.

Divisi Riset dan Inovasi Pendidikan
~ Mendorong dan memotivasi alumni dalam melakukan riset, membuat inovasi pendidikan, memfasilitasi IKA Himadit FMIPA dalam penerbitan/penyusunan jurnal, kegiatan seminar, webinar, dan lain-lain melalui kerja sama dengan IKA FMIPA dan FMIPA Unhas;

Divisi Data, Informasi Komunikasi dan Multimedia
~ Melakukan pendataan ulang alumni Himadit FMIPA Unhas;
~ Memfasilitasi terbentuknya jejaring sosial, seperti: WA, FB, TikTok, YouTube atau semacamnya bagi pembelajaran dan informasi bagi netizen.

Ketua Dewan Pakar IKA FMIPA Unhas, Prof. Syamsudin Toha memberikan arahan dalam rangka pengelolaan organisasi dan penyusunan program kerja pada Raker Himadit FMIPA Unhas.

Divisi Usaha dan Kemitraan
~ Menggalang dana bagi kelangsungan organisasi melalui iuran secara ikhlas untuk kas alumni;
~ Penggalangan dana yang disepakati dalam melaksanakan suatu kegiatan/program;
~ Memberikan karangan bunga (ucapan duka cita) kepada yang berduka (istri/anak kandung), karangan bunga (ucapan kebahagian) kepada anggota keluarga alumni Himadit FMIPA yang melaksanakan pernikahan (anak).

Divisi Pengabdian Masyarakat dan Almamater
~ Mengadakan temu alumni/temu akbar berupa reuni antaralumni Himadit FMIPA minimal tiga tahun sekali.

Saat menutup Raker, Ketua IKA Himadit FMIPA Aminuddin Tarawe mengatakan, ada dua agenda besar tahun ini, yaitu Dies Natalis FMIPA Unhas dan Silatnas Nasional yang akan diselenggarakan di Kendari.

Tamu undangan yang hadir dalam Raker tersebut, antara lain Prof. Syamsudin Toha yang merupakan Ketua Dewan Pakar IKA FMIPA Unhas, Ketua IKA Biologi FMIPA Unhas Jamal Ismail, Ashar, dan Ahmad Musa Said. (uca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *