Dr. H. Muhammad Toasin Asha, Terpilih Secara Aklamasi Pimpin IKA Unhas Kalimantan Barat

Berita, Kabar Alumni1023 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Musyawarah wilayah (Muswil) Ikatan Alumni (IKA) Unhas Kalimantan Barat (Kalbar) yang dilaksanakan secara hibrida hari ini, Sabtu (29/07/2023), di aula kampus Politeknik Negeri Pontianak, secara aklarmasi memilih dan menetapkan Dr. Ir. H. Muhammad Toasin Asha, M.Si sebagai ketua IKA Unhas wilayah Kalbar periode 2023-2027.

Muswil dibuka oleh Sekjen PP IKA Unhas, Prof Dr Ir. Yusran Jusuf, M.Si., IPU. Dalam sambutannya, Prof Yusran menyampaikan penghargaan yang luar biasa kepada para alumni Unhas di Kalbar dan inisiator yang telah berusaha menginiasiasi sehingga Muswil ini dapat terlaksana dengan baik saat ini.

Selain itu, Sekjen juga menyampaikan tiga program besar atau misi PP IKA Unhas periode 2022-2026 sejak terbentuknya.

Inisiator/panitia Muswil, Warsidah, S.Si, M.Si, Apt memberikan sambutan dan laporan. (Foto: M. Ruslan)

“Yang pertama, misi kita adalah bagaimana meningkatkan branding Universitas Hasanuddin. Kedua, memperkuat kemandirian alumni, baik kemandirian ilmu pengetahuan maupun kemandiri di bidang ekonomi. Ketiga, bagaimana IKA Unhas harus selalu hadir dan tampil dalam setiap event nasional, khususnya pada peristiwa yang membutuhkan uluran tangan seluruh anak negeri. Misalnya, ketika terjadi bencana atau pada kegiatan sosial lainnya,” ujar Prof Yusran.

Sekjen menaruh harapan besar agar ketiga program besar PP IKA Unhas itu, dapat pula diimplementasikan melalui program kerja IKA Unhas Kalbar periode 2023-2027.

Sekjen PP IKA Unhas, Prof Dr Ir. Yusran Jusuf, M.Si., IPU (kanan) yang didampingin Ketua Bidang OK PP IKA Unhas Irwan Ade Saputra, S.IP., M.Si, memberikan sambutan sekaligus membuka Muswil IKA Unhas Kalbar. (Foto: M. Ruslan)

Usai sambutan dari Sekjen, dilanjutkan dengan acara rangkaian proses pemilihan ketua IKA Unhas Kalbar.

Abunawas Had, S.H., M.H., CPM yang memimpin sidang pleno pemilihan ketua, mengetuk palu menetapkan alumni fakultas teknik 1988 itu sebagai ketua IKA Unhas Kalbar, setelah seluruh peserta Muswil menyatakan setuju.

Dr. Ir. H. Muhammad Toasin Asha merupakan calon tunggal hasil penjaringan melalui pendaftaran online.

Panitia membuka masa pendaftaran calon ketua IKA Unhas Kalbar secara online selama tiga hari, yakni dari 10-12 Juli 2023. Namun hingga pendaftaran ditutup hanya dia yang mendaftar.

Muswil IKA Unhas Kalbar yang berlangsung secara hibrida dari pukul 10.00 WITA hingga selesai pada pukul 12.30 WITA, diikuti 40 orang peserta.

Terdiri dari 24 orang yang hadir secara offline di aula kampus Politeknik Negeri Pontianak, dan 16 orang hadir secara online (termasuk dua orang dari PP IKA Unhas).

Ketua terpilih diberi waktu maksimal 60 hari untuk melengkapi kepengurusannya. Sesuai mekanisme organisasi, penyusunan struktur kepengurusan dilakukan oleh tim formatur yang terdiri dari ketua terpilih, ditambah dengan unsur panitia dan/atau peserta dan dua orang dari pengurus pusat IKA Unhas.

Tim formatur IKA Unhas Kalbar yang disetujui, terdiri dari:
1. Dr. Ir. M. Toasin Asha, M.Si (Ketua terpilih),
2. Surya Widiyananta, S.Si,
3. Dr. Andi Hairil Alimuddin, S.Si, M.Si (Ketua panitia),
4. Andi Irwan Patawari, S.Si (Waketum Bidang OK PP IKA Unhas),
5. Irwan Ade Saputra, S.IP., M.Si (Ketua Bidang OK PP IKA Unhas).

Peserta offline Muswil IKA Unhas Kalbar menyimak sambutan Sekjen PP IKA Unhas, Prof Dr Ir. Yusran Jusuf, M.Si., IPU. (Foto: M. Ruslan)

Rangkaian proses pembentukan IKA Unhas Kalbar dari awal, tidak terlepas dari peran dua alumni, yakni A. Gadis Kinanti, S.IP, M.M. (FISIP, 2011) dan Warsidah, S.Si, M.Si, Apt (MIPA, 2000) yang merupakan dosen kelautan di Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Gadis dan Warsidah terus bergerak untuk mempertemukan alumni dan membuat usulan nama inisiator kepada PP IKA Unhas untuk menginisiasi pembentukan organisasi IKA Unhas di Kalbar.

Menurut Gadis, alumni Unhas yang ada di Kalbar hingga saat ini, tak kurang dari 150-an orang.

Selanjutnya, diskusi dan koordinasi banyak dilakukan melalui grup Whatsapp. Setelah terbentuk tim inisiator yang disahkan oleh PP IKA Unhas, selanjutnya dibentuk panitia yang gencar melakukan sosialisasi tentang rencana pelaksanaan Muswil IKA Unhas Kalbar.

Ikhtiar Gadis dan Warsidah kini telah tewujud dengan terbentuknya IKA Unhas Kalbar dengan ketua yang dipilih secara aklamasi melalui Muswil yang berjalan lancar dan sukses.

Langkah selanjutnya adalah menyusun program kerja yang aplikatif, sehingga peran dan kontribusi alumni Unhas bisa dirasakan oleh seluruh rakyat di Kalbar melalui berbagai bidang pengabdian.

Sekjen PP IKA Unhas yakin, ketua IKA Unhas Kalbar yang baru saja terpilih dapat mengharumkan nama alumni dan IKA Unhas di Kalbar. Optimisme itu tercermin dalam pantun yang dibacakan Prof Yusran saat menutup Muswil tadi siang.

Bunga mawar bunga melati,
Harum semerbak menyenangkan hati,
Muswil IKA Kalbar berjalan lancar,
Dr. Ir. Muhammad Toasin Asha, M.Si terpilih secara aklamasi.

“Kami yakin Muhammad Toasin Asha dapat mengharumkan IKA Unhas Kalbar,” tandas Prof Yusran.

Selamat mengayuh bahtera IKA Unhas Kalbar kepada Dr. Ir. Muhammad Toasin Asha, M.Si untuk empat tahun ke depan. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *