Rektor Unhas Prof Dr. Jamaluddin Jompa Ingatkan Para Mahasiswa Baru agar Serius dalam Mengemban Ilmu

Berita, Kabar Unhas1331 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc menerima dan menyambut mahasiswa baru 2023/2024 jenjang sarjana dan vokasi, di GOR JK Arenatorium, Kampus Unhas, Jl Perintis Kemerdekaan, Senin (14/08/2023).

Di hadapan rektor dan pejabat teras Unhas, sebanyak 8.710 orang mahasiswa baru memakai jas almamater warna merah secara serempak, pertanda pengukuhan sebagai warga Unhas.

“Mengukuhkan saudara sebagai mahasiswa Universitas Hasanuddin angkatan 2023 jenjang sarjana dan vokasi. Oleh karena itu, saudara punya hak dan kewajiban mengikuti sesuai aturan dan statuta Universitas Hasanuddin,” kata Rektor Prof JJ.

Pejabat Unhas yang hadir mendampingi rektor pada acara penerimaan dan penyambutan mahasiswa baru tersebut, adalah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. drg. Muhammad Ruslim, M.Kes., Ph.D; Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Keuangan, Prof. Subehan, S.Si., M.Pharm., Sc., Ph.D., Apt., Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Alumni, dan Sistem Informasi
Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum. Seluruh dekan dari 17 fakultas lingkup Unhas serta kepala sekolah pascasarjana.

Sebanyak 8.710 orang mahassiwa baru Unhas secara serempak memasang jas almamater berwarna merah menandari pengukuhan mereka sebagai warga dan keluarga Unhas. Pengukuhan dilakukan oleh Rektor Unhas Prof Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc, di GOR JK Arenatorium, Kampus Unhas, Jl Perintis Kemerdekaan, Senin (14/08/2023). (Foto: Ist)

Juga Kapolda dan Kajati Sulsel memberikan materi. Sedangkan ustad Das’ad Latif hadir memberikan tausiah dan pembacaan doa.

Rektor Unhas Prof JJ dalam sambutannya mengingatkan para mahasiswa agar serius dalam mengemban ilmu.

“Semoga anak-anak itu niatnya hanya mencari ilmu dan tidak ada hal lain, sehingga mereka sampai di finish dengan berhasil,” ujar rektor.

Menurut rektor persaingan mahasiswa Unhas saat ini sudah memasuki kancah internasional.

“Kita harus bisa bersaing di era global. Tidak ada yang membedakan kita dengan orang di Eropa atau Amerika,” tegas Prof JJ.

Berbagai macam peluang bisa kembangkan setelah menjadi mahasiswa di Unhas. Bukan hanya peluang standar akademik, lanjut rektor, tapi juga peluang-peluang yang terbuka luas di Unhas.

Yang tak kalah penting, kata Prof JJ, adalah semangat anak-anak menjadi keluarga besar Unhas, karena mahasiswa Unhas sudah semakin banyak. ”Mudah-mudahan dengan niat yang baik, tidak ada lagi sekat-sekat dan memicu hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujar Rektor.

Dia juga meminta mahasiswa baru untuk menjaga nama besar Unhas. “Jangan lagi membuat sesuatu hal yang merusak citra Unhas di mata masyarakat. Saling menjaga, itu hal yang selalu kita minta untuk mereka. Pupuk niat dari hati masing-masing,” pesan Prof JJ.

Terkait dengan Kurikulum 2023, Prof JJ mengatakan bahwa kurikulum baru tersebut sudah mulai diterapkan. Para mahasiswa baru diminta untuk mempelajari karena ada perubahan dari yang sebelumnya.

Kurikulum baru ini memberikan kepada mahasiswa lebih banyak peluang untuk berkembang di luar.

”Minimal dia bisa menentukan sendiri, dia mau beraktivitas di mana. Itu merdeka belajar yang sangat bagus buat mereka untuk berimprovisasi dalam proses untuk menjadi sarjana,” kata Prof JJ.

Jumlah Mahasiswa Baru Berdasar Fakultas

Fakultas Teknik menempati peringkat pertama menurut jumlah mahasiswa baru, yakni 1.391. Urutan kedua ditempati Fakultas Pertanian dengan jumlah mahasiswa baru sebanyak 864 orang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis menempati urutan ketiga dengan jumlah mahasiswa baru terbanyak, yakni 739.

Urutan keempat dan seterusnya adalah sebagai berikut:
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 717 mahasiswa,
Fakultas Ilmu Budaya, 684 mahasiswa,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 643 mahasiswa,
Fakultas Hukum, 590 mahasiswa,
Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, 584 mahasiswa,
Fakultas Kedokteran, 530 mahasiswa,
Fakultas Kesehatan Masyarakat, 394 mahasiswa,
Fakultas Kehutanan, 385 mahasiswa,
Fakultas Peternakan, 343 mahasiswa,
Fakultas Kedokteran Gigi, 255 mahasiswa,
Fakultas Vokasi, 240 mahasiswa,
Fakultas Keperawatan, 221 mahsiswa,
Fakultas Farmasi, 130 mahasiswa.

Menurut data, penerimaan mahasiswa baru 2023 ini mencapai 46 ribu pendaftar hingga seleksi. Namun yang tersaring sebanyak 8.710 orang yang tersebar di 17 Fakultas. Termasuk di dalamnya program magister dan spesialis sebanyak 310 orang mahasiswa. (rus)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *