Dari Tempat Upacara di Atas Gunung, Prof Yusran Ajak Kaum Muda Bersinergi dan Berkolaborasi Menuju Indonesia Maju

Berita, Inspirasi1120 Dilihat

KABARIKA.ID, MAROS – Setiap kelompok masyarakat maupun komunitas memiliki cara tersendiri yang unik dalam memperingati HUT ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Seperti halnya yang dilakukan oleh Sekjen PP IKA Unhas, Prof Dr. Ir Yusran Jusuf, M.Si, IPU yang melaksanakan upacara peringatan HUT ke-78 kemerdekaan RI bersama komunitasnya, di Balla Ratea ri Pucak yang berlokasi di atas gunung, Desa Pucak, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Kamis pagi (17/08/2023).

Upacara yang dilaksanakan pada pukul 07.30 WITA itu, dihadiri 35 orang yang terdiri dari dosen Unhas, dosen Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), dosen Universitas Indonesia Timur (UIT), alumni Fakultas Teknik, Peternakan, dan alumni Fakultas Kehutanan Unhas.

Prof Yusran Jusuf yang didampingi Ny. Masnawati Yusran, foto bersama dengan para peserta upacara usai peringatan HUT ke-78 kemerdekaan RI. (Foto: Dok. Pribadi)

Selain itu, juga ada mahasiswa dan empat orang pekerja kebun di Balla Ratea ri Pucak, milik Prof Yusran Jusuf yang juga merupakan dosen Fakultas Kehutanan Unhas.

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Prof. Yusran Jusuf. Sedangkan komandan upacara adalah Sardi Andis, S.Si yang merupakan alumni biologi Fakultas MIPA Unhas.

Adapun pengibar bendera Merah Putih adalah mahasiswa Biologi Fakultas MIPA Unhas, yaitu M. Said, St. Rohaima, dan A. Raodatul Jannah.

Meskipun upacara dilaksanakan oleh komunitas spesifik dan berlokasi di atas gunung dengan jumlah peserta yang terbatas, namun pelaksanaan upacaranya sama seperti yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah.

Bagaimana tidak, ada pula petugas upacara yang membaca teks Pancasila, yakni Adila Fadlia Muqtaqin. Pembaca teks Proklamasi adalah Fatmawati, sedangkan pembaca doa adalah Madi, S.Pt.

Pembina upacara dalam amanatnya mengajak para peserta upacara khususnya, dan seluruh kalangan muda dari masyarakat Indonesa pada umumnya, untuk menjaga kemerdekaan sebagai wujud penghormatan kita atas perjuangan dan pengorbanan para pejuang kemerdekaan.

“Pemuda sebagai generasi penerus harus tampil terdepan mengambil peran itu dan siap melanjutkan perjuangan pendahulu bangsa,” ujar Prof Yusran.

Sekjen PP IKA Unhas tersebut yang juga sebagai pembina komunitas Balla Ratea ri Pucak yang merupakan tempat “Sekolah Alam Nusantara” itu, juga mengajak semua komponen bangsa, terutama generasi muda untuk menjalin kerja sama dan bekolaborasi demi kemajuan Indonesia.

“Mari kita bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi menuju Indonesia maju,” tandas Prof Yusran.

Ajakan Sekjen PP IKA Unhas itu sejalan dengan tema yang diusung dalam peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023 ini, yakni “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Dengan ekspresi bebas yang merefleksikan perasaan merdeka dan riang gembira, Leader Balla Ratea ri Pucak, Prof Yusran Jusuf foto bersama dengan komunitas peneliti dan mahasiswa di “Sekolah Alam Nusantara” Balla Ratea ri Pucak, Desa Pucak, Maros. (Foto: Dok. Pribadi)

Tema ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum ini untuk mewujudkan Indonesia maju.

Balla Ratea ri Pucak yang berlokasi di atas gunung di Desa Pucak, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros merupakan tempat “Sekolah Alam Nusantara” yang menjadi tempat penelitian sekaligus termpat berkumpulnya komunitas peneliti.

Selain itu, juga menjadi tempat magang mahasiswa, pelatihan pendidikan lingkungan dan pengembangan masyarakat.

Leadernya tak lain adalah Prof. Yusran Jusuf.

Usai upacara dilanjutkan dengan beberapa game berhadiah, tebak lagu, dan hiburan berupa nyanyi bersama. Kegiatan diakhir dengan makan bersama.

Dirgahayu Republik Indonesia. Merdeka !!! (rus)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *