Prestasi Moncer Tim Unhas di Ajang Satria Data 2023 Puspresnas Kemendikbudristek

Berita, Kabar Unhas1106 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Tim Universitas Hasanuddin (Unhas) menorehkan prestasi moncer tingkat nasional di ajang Nasional Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) 2023, yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek di Universitas Brawijaya, Malang, Seni-Rabu (21-23/08/2023).

Empar orang mahasiswa Statistika angkatan 2021 berhasil meraih prestasi cemerlang pada ajang Festival Sains Data 2023 tersebut.

Mereka adalah Nurul Mutiara Annisa yang berhasil meraih juara 2 bidang National Statistics Competition (NSC). Kemudian Imelda Putri Deliansyah, Afifah Mutiah Nurdin dan Rafiah Ulya yang meraih penghargaan bergengsi People’s Choice Award.

Tim Unhas juga masuk Top 12 finalis Statistics Infographic Competition. Tim tersebut terdiri dari Muhamad Raihan (Ketua Tim), Muhammad Rayhan Arman dan Muchtar Adam Al Hamid (anggota).

Tiga mahasiswa Statistika angkatan 2021 Unhas yang meraih penghargaan bergengsi People’s Choice Award, yakni Imelda Putri Deliansyah, Afifah Mutiah Nurdin dan Rafiah Ulya. (Foto: Humas Unhas)

Selain itu, ada pula empat mahasiswa Unhas yang masuk dalam Top 12 bidang National Statistics Competition. Mereka adalah Nur Aliah Ramadhani, Nur Aulia, Ridwan, dan Eunike Laurine Randa.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof drg. Muhammad Ruslin, M.Kes, Ph.D, Sp.BM(K) mengucap syukur atas capaian prestasi nasional yang diraih tim Unhas.

“Alhamdulillah, tim Unhas kembali menorehkan prestasi membanggakan pada salah satu ajang kompetisi elit tanah air, yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek,” ujar Prof Ruslin, Jumat (25/8).

Satria Data tahun ini diselenggarakan secara hybrid dengan host Universitas Brawijaya. Tema kegiatan yang diusung adalah “Innovating with Data: Merdeka Menginspirasi, Menciptakan Solusi, dan Membangun Negeri”.

Adapun kategori yang dilombakan adalah National Statistics Competition (NSC), Statistics Essay Competition (SEC), Statistics Infographic Competition (SIC), dan Big Data Challenge (BDC).

Tidak hanya kemampuan hard skill dalam bidang statistika dan sains data yang dikompetisikan, tetapi juga kemampuan soft skill, seperti komunikasi, visualisasi, kerja sama, dan kreativitas dalam pemecahan masalah kompleks. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *