Sederet Manfaat Ajaib Daun Sirih Cina, Jarang yang Tahu

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Daun sirih cina adalah jenis tumbuhan kecil yang tumbuh di tanah yang lembab atau biasa ditemukan didekat pengairan. Ciri-ciri dari daun sirih cina ini memiliki daun yang berkilau, tegak, bercabang, dan sedikit tebal.

Banyak orang yang belum tahu dari manfaat sirih cina dan masih di anggap sebelah mata manfaatnya.

Diketahui, daun sirih cina atau Peperomia Pellucida mempunyai agen anti kanker dan anti peradangan yang baik untuk kesehatan.

Bukan hanya itu, daun sirih cina juga mempunyai kandungan antioksidan tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh. Apa saja manfaat dari tanaman ini? Berikut paparannya:

1.Mengobati Jerawat
Daun sirih cina dapat dimanfaatkan sebagai obat jerawat. Kandungan zat pada daun sirih cina dapat menghilangkan kotoran dan sebum penyebab jerawat.

Cara menggunakannya, cukup mudah. Sirih cina dihaluskan bersama dengan beras lalu dicampur dengan air hangat, kemudian usapkan ke seluruh wajah atau bagian wajah yang terkena jerawat. Diamkan 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

2.Menurunkan Kolestrol
Di dalam kandungan daun sirih cina terdapat berbagai nutrisi yang dapat mengurangi kolesteol dalam darah. Sehingga dapat menurukan risiko penyakit stroke dan jantung.

3.Untuk Anti Bakteri
Minyak atsiri yang dibuat dengan melarutkan daun dan batangnya, terbukti mampu mencegah pertumbuhan bakteri. Senyawa flavonoid pada sirih cina bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Favonoid juga dapat berfungsi sebagai antimikroba yang membentuk kompleks protein ekstrasel dan dinding sel. Diketahui flavonoid bersifat lipofilik atau bisa merusak membrane sel.

4.Anti Jamur
Salah satu manfaat dari daun sirih cina ini tidak bisa dilewatkan. Daun sirih cina ini mampu efektif melawan pertumbuhan jamur yang kerap mengganggu kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *