Wapres Harap BAZNAS Tingkatkan Partisipasinya Dalam Membantu Masyarakat Miskin

Berita, Inspirasi631 Dilihat

KABARIKA.ID, JAKARTA – Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin menekankan, keberadaan dan peran lembaga BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) sebagai mitra strategis pemerintah sangat krusial. Utamanya dalam mendukung program prioritas pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya minta BAZNAS terus konsisten meningkatkan partisipasi aktifnya. Tidak saja untuk mengurangi beban pengeluaran kelompok masyarakat miskin ekstrem, tetapi juga meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin ekstrem,” kata Wapres saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) BAZNAS 2023, di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (20/09/2023).

Wapres mengatakan, efektivitas program pemberdayaan ekonomi rakat akan lebih maksimal jika melingkupi berbagai sisi pemberdayaan. Seperti, kemudahan akses permodalan, penguatan produksi dari hulu sampai hilir, serta sistem pasar yang mudah, adil dan terbuka untuk pelaku UMKM dari mustahik.

“Hari ini kita menyaksikan kurang lebih 100 UMKM yang telah mendapat manfaat dari BAZNAS. Ini menjadi bukti bagaimana BAZNAS mendukung pemberdayaan ekonomi dengan membangun kehidupan masyarakat miskin dalam sektor produktif,” ujar Wapres Ma’ruf Amin.

Wakil Presiden Ri KH Ma’ruf Amin saat memberikan sambutan di hadapan 1.500 peserta Rakornas BAZNAS, di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (20/09/2023). (Foto: kbrn) 

Wapres menambahkan, program pemberdayaan sosial menjadi tahapan penting dalam penyelesaian permasalahan kemiskinan. Seperti pemenuhan kebutuhan darurat, dasar, dan lanjutan bagi masyarakat miskin produktif, agar lebih siap dengan program pemberdayaan lanjutan.

Oleh karena itu, Wapres meminta BAZNAS terus bersinergi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya, yakni penyediaan akses bagi masyarakat miskin untuk perbaikan rumah layak huni.

“Saya berharap program ini dapat terus didukung oleh BAZNAS, agar lebih banyak kelompok masyarakat miskin dijangkau melalui skema padat karya tunai. Hal ini berguna untuk meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumah dan utilitas lainnya,” katan Ma’ruf Amin.

Wapres juga berpesan kepada BAZNAS agar turut memberikan perhatian kepada mustahik berkebutuhan khusus.

“Secara khusus, saya mengapresiasi dan mengharapkan BAZNAS dapat meningkatkan penyediaan akses lanjutan bagi kelompok masyarakat miskin yang berkebutuhan khusus. “Seperti yang dilakukan saat ini melalui penyediaan akses dan fasilitas pendidikan Al-Qur’an kepada kelompok penyandang disabilitas tuna rungu,” ujar Wapres.

Rakornas BAZNAS yang akan berlangsung hingga 22 September 2023 ini, diikuti sekitar 1.500 pengurus BAZNAS dari berbagai daerah. (*/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *