Kemenkes Gandeng USAID & Pemprov Gelar Desiminasi Program dan Dukungan Pelayanan Kesehatan Primer

Berita98 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan USAID MOMENTUM dan Pemprov Sulsel gelar desiminasi hasil program dan dukungan integrasi pelayanan kesehatan primer, di Hotel Sheraton Four Points, Makassar, Jumat (29/9/2023).

Tujuan utama program ini adalah untuk menurunkan kematian ibu dan bayi yang dapat dicegah di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah dan swasta.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr. Muhammad Ishak Iskandar menyampaikan terimakasih atas suport USAID dan Kemenkes RI atas kerjasamanya di Sulsel.

“Program USAID MOMENTUM sangat membantu terutama Dinas Kesehatan Sulsel dalam penurunan angka stunting dan angka kematian ibu dan anak serta peningkatan kesehatan ibu dan bayi baru lahir di Sulsel,” ujarnya.

Sedangkan, Ketua Komisi E DPDR Sulsel, Rahman Pina juga siap mensuport program USAID MOMENTUM di Sulsel.

Lanjut dia, program prioritas Pj Gubernur adalah pelayanan kesehatan terutama dalam menekan peningkatan angka stunting.

“Angka kematian ibu dan Anak, DPRD siap berkolaborasi dengan USAID MOMENTUM dalam mendukung Pemprov Sulsel dalam peningkatan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Kehadiran USAID MOMENTUM merupakai serangkaian program yang bertujuan untuk mempercepat penurunan angka kematian dan kesakitan ibu, bayi baru lahir, dan anak.

Melalui MOMENTUM, USAID bermitra dengan Kementerian Kesehatan Indonesia untuk menggunakan pendekatan terkini berbasis bukti untuk meningkatkan hasil kesehatan ibu dan bayi baru lahir dan memperkuat sistem kesehatan.

Kegiatan ini dibuka langsung staf ahli bidang pemerintahan Pemprov Sulsel dr. Andi mappatoba dalam sambutanya beliau menekankan tentang kondisi pelayanan kesehatan di Sulsel.

Pemprov dan pemerintah pusat berupaya maksimal dalam aspek peningkatan peningkatan pelayanan kesehatan dan mutu pelayanan kesehatan terutama dalam pelayanan ditingkat dasar terutama Puskesmas.

“Terkait angka kematian ibu adalah beban yang tidak pernah selesai, butuh kerjasama pihak terkait terutama dengan hadirnya USAID MOMENTUM,” ungkapnya.

Diketahui bahwa kegiatan USAID MOMENTUM merupakan bagian dari rangkaian dalam menindak lanjuti peluncuran program ILP di tingkat nasional oleh kemenkes RI pada tanggal 31 Agustus 2023.

USAID MOMENTUM berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan para pemangku kepentingan untuk peningkatan kesehatan masyarakat serta mendukung transformasi kesehatan yang lebih baik.

Kegiatan ini dihadiri staf ahli bidang Pemerintahan dr. H Andi Mappatoba, Ketua Komisi E, DPRD Sulsel, Rahman Pina, perwakilan Kementerian Kesehatan RI Dirjen Kesehatan Masyarakat, perwakilan Direktorat Tata Telola Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI.

Perwakilan Pelaksana Tugas Direktur Promosi Kesehatan Kemenkes RI, perwakilan Direktorat Gizi dan Kesehatan Ibu Anak Kemenkes RI, Kepala Bappelitbangda Propinsi Sulsel, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sulsel dr. Muhammad Ishak Iskandar, Kadis Pemberdayaan Desa.

Dinas Kesehatan Kota Makassar, Gowa, Bulukumba, Toraja Utara dan Maros, Ketua POKJA Propinsi Sulsel, para direktur RS swasta intervensi USAID, tim USAID MOMENTUM nasional hadir Country Director ibu Maryjane Lacoste, Chief of Party Ibu Esty Febriani serta Senior Program Manager MOMENTUM Sulsel dr. Salwa Mochtar. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.