Amran Sulaiman Beberkan ‘Soft Launching’ Masjid Kapasitas 20 Ribu Jemaah pada Maulid Nabi IKA Unhas

Berita, Kabar Alumni730 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR– Pengurus Pusat Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin yang dinakhodai Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, M.P menggelar tabligh akbar peringatan maulid nabi menghadirkan Gus Muwafiq di Masjid AAS Building, Ahad (1/10/2023).

Maulid Nabi Besar Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam kolaborasi IKA Unhas dan AAS Foundation ini sangat menarik karena K.H. Ahmad Muwafiq, S.Ag atau lebih dikenal dengan Kyai Muwafiq atau Gus Muwafiq mengupas banyak hal mengenai maulid, sejarah bangsa-bangsa dan fenomena kekinian.

Sementara tuan rumah mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam sambutannya membeberkan dalam waktu dekat akan dilakukan ground breaking atau “soft launching” pembangunan masjid berkapasitas 20 ribu jemaah yang dibangun di area di belakang Kodam XIV/Hasanuddin Kecamatan Panakukang, Makassar.

Luas lahan sekira 34 hektar dan memungkinkan mencapai 50 ha lebih.  Sedang luas bangunan masjid di luar menara 2 hektar.

Peletakan batu pertama masjid yang menelan anggaran Rp500 miliar itu akan dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin. Jadwal peresmian oleh RI 02 diperkirakan tanggal 9 Oktober ini.

“Doakan dalam waktu tidak lama lagi ada soft launching pembangunan masjid kapasitas 20 ribu. Insya Allah akan datang pak Wapres Ma’ruf Amin,” jelasnya.

Founder Tiran Group itu menambahkan, masjid tersebut tak hanya difungsikan sebagai tempat ibadah, tapi juga akan menjadi pusat pengembangan peradaban.

Di masjid ini akan mendidik anak-anak berkarakter unggul, mulai SD, SMP dan perguruan tinggi yang akan bekerjasama dengan Monash University.

“Kami bermimpi minimal memguasai tiga bahasa, yakni Inggris Arab dan bahasa China,” katanya.

Masjid yang sedang dalam proses pembangunan ini, kata Amran adalah bagian dari karya alumni Unhas dan akan diserahkan kepada masyarakat, diwakafkan.”Menara masjid ini lebih tinggi dari Monas,” ungkapnya.

Lebih jauh Amran mengatakan, tujuan pengadaan kawasan ini untuk menjadi wadah pembentukan karakter, pendidikan akhlak generasi penerus, tempat berkumpul dan menuntut ilmu, bertukar pengalaman dan melebur segala perbedaan.

Manatahu, katanya, tempat ini bisa mengubah peradaban Sulsel, Indonesia Timur, Indonesia dan dunia.

“Ini mimpi besar kami, nantinya muncul putra-putri terbaik Indonesia dari tempat ini,” ungkap Amran.

Pembangunan masjid dan kawasan baru itu dilakukan tahun ini juga. Pihaknya melakukan akselarasi agar terjadi percepatan pembangunan masjid dan kawasan pendukungnya.

Tak hanya masjid, Andi Amran juga akan membangun Rumah Sakit bertaraf internasional yang bisa menjadi RS rujukan di kota Makassar, sehingga masyarakat hendak berobat tidak jauh-jauh ke luar negeri.

“Nanti ada juga rumah sakit skala internasional. Kita ingin mengubah peradanan, untuk rumah sakit orang sakit bisa rujukan di Makassar,” kata Ketum IKA Peroode 2022-2026.

Menyangkut maulid yang dihadiri Rektor Unhas Prof. Dr. Ir
Jamaluddin Jompa serta alumni,
Ketua Umum IKA Unhas menyatakan apresiasi. Apalagi tujuanya menyatukan semua pihak.

“Suasana seperti ini kita harapakan terus kita lakukan karena di sinilah, melebur perbedaan kita,” kata Andi Amran saat mengawali sambutan.

Adapun Gus Muwafiq yang menyampaikan ceramah pada maulid adalah sosok kiai muda yang sering mengisi ceramah di berbagai acara, mulai dari lingkungan pesantren, akademisi, dan kenegaraan

Pada ceramahnya, Gus Muwafiq menyampaikan banyak hal tentang maulid, kehidupan sosial, sejarah bangsa- bangsa maupun fenomena kekinian, seperti Drama Korea (Drakor) maupun K-Pop, yang diwakili boy band BTS.

“Dulu Metallica tampil di Moskwa penonton 5 juta orang, sekarang BTS tampil ditonton 100 juta secara online,” kata Gus Muwafiq.

Maulid nabi IKA Unhas kolaborasi AAS Foundation ini dimeriahkan dengan lomba kaddo minnya dengan hadiah total Rp20 juta serta hadiah 200 karung gula pasir kepada 200 hadirin yang pemenangnya dapat dilihat di http://www.kabarika.id. Selamat.. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *