DPRD Harap Pemprov Tuntaskan Program Harapan Rakyat

Berita451 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR–Puncak Hari jadi Sulsel ke 354 tahun 2024 diperingati di DPRD Sulsel, Kamis (19/10/2023) dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Sulsel.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan, Syaharuddin Alrif menyampaikan harapannya di Hari Ulang Tahun (HUT) Sulsel ke-354.

“HUT Sulsel ke-354 ini, semoga dari pekerjaan Gubernur Prof Nurdin Abdullah, Gubernur Andi Sudirman Sulaiman dilanjutkan pelaksana tugas Gubernur yang sekarang,”  kata  legislator parrai NasDem Sulsel ini, saat ditemui usai mengikuti Rapat Paripurna Istimewa, di Kantor DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo.

Sekretaris NasDem Sulsel ini menyampaikan syukur, karena dua tokoh Sulsel ini telah mengantar pembangunan. Meski demikian, namanya pemimpin pasti tidak mampu menyempurnakan semuanya.

“Tapi baik Pak Nurdin Abdullah dan Pak Andi Sudirman Sulaiman mempunyai kelebihan masing-masing,” jelasnya.

Olehnya itu kata Syahar, kekurangan yang di kepemimpinan dua Gubernur sebelumnya, mudah-mudahan bisa dilengkapi Pj Gubernur Sekarang.

“Kami pahami program Pj Gubernur itu hanya melaksanakan Pemilu, ketahanan pangan, stunting, hingga inflasi. Kalau itu sudah selesai, maka selesai tugas Pj Gubernur,” terang Syahar.

“Soal sekarang kita berhutang Dana Bagi Hasil (DBH), itu salah satu tugas untuk menyelesaikan. Yang penting Pemilu ini berjalan,” lanjutanya.

Sedangkan, Wakil Ketua DPRD Sulsel, Darmawangsyah Muin mengatakan bahwa di hari jadi ke 354 ini banyak perubahan di Sulsel. Namun, ada juga pekerjaan yang perlu dibenahi ke depan.

“Yang perlu dibenahi di Provinsi.
Yang paling penting kan, sekarang ini sudah mulai bagus di Pak Pj Gubernur yang sekarang ini kolaborasi antara DPR dengan Pemprov itu semakin ditingkatkan, diperkuat, dan ini tentu kolaborasi sudah bagus kembali,” katanya.

Lanjut politisi Gerindra selain kolaborasi, untuk melanjutkan infrastruktur Gubernur sebelumnya, juga masalah penuntasan kemiskinan, masalah stunting, terus masih kekurangan beberapa hal terkait dalam bidang pendidikan, bidang kesehatan juga ekonomi.

“Tetapi yang pastinya terkait dengan bidang ekonomi itu yang paling penting, menuntaskan kemiskinan. Kita sependapat dengan Pj Gubernur. Apalagi satu tahun berjalan dalam satu periode APBD kita sangat mengharapkan Pak Gubernur menurunkan angka kemiskinan, angka stunting, yang paling penting juga menggenjot ekspor,” harapnya.

Dia menambahkan, yang paling sering dikeluhkan masyarakat itu yang pertama air bersih, yang kedua ketersiapan bibit yang unggul. Karena masih banyak petani berulang-ulang kali bibit yang dipakai baik bibit padi, jagung.

“Sehingga ini perlu sosialisasi yang baik, pupuk yang langka, mahal. Infrastruktur juga dimulai jalur paling penting. Kita berharap di 2024 ini sudah tuntas sebelum kita mengakhiri masa jabatan. Dan itu adalah perjuangan yang paling maksimal yang harus saya lakukan,” pungkasnya.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan Sulawesi Selatan Andi Ansyari Mangkona berharap Sulawesi Selatan semakin aman. Apalagi tengah memasuki tahun politik.

“Kami berharap dapat berjalan dengan baik. Tidak ada gesekan tetap aman,” ujar Ansyari kepada awak media seusai menghadiri rapat paripurna HUT Sulsel ke-354.

Bagi PDI Perjuangan, selain target legislatif , Pilpres pun siap dimenangkan untuk pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD di daerah ini.

Sedangkan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Sulawesi Selatan Rahmat Muhayyang ada beberapa hal yang menjadi perhatian. Yaitu tingkat kemiskinan perlu diturunkan, stunting, dan kesehatan.

“Ini juga yang menjadi perhatian Pak Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin,” tuturnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *