Tim IKA Sospol Jatuh Bangun Lawan IKA Teknik pada Babak Final Turnamen Badminton IKA FIBRA Unhas

Berita, Kabar Alumni749 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Babak final turnamen badminton yang digelar IKA FIBRA Unhas mempertemukan tim IKA Sospol dan IKA Teknik Unhas, Kamis malam (26/10/2023) di GOR Unhas Baraya Makassar.

Tim pertama IKA Sospol diperkuat pasangan Abdi dan Mursalim, berhadapan dengan pasangan Arman dan Dilla dari tim IKA Teknik.

Kedua tim berusaha menampilkan permainan terbaik mereka. Partai final ini bukan sekadar adu kekuatan dan taktik bermain untuk menjadi juara, tetapi juga pertarungan gengsi antara IKA Sospol dan IKA Teknik.

Selama pertandingan berlangsung, kedua tim saling menunjukkan taktik bermain untuk mendapat poin. Kombinasi permainan bola lambung (lob) dan bola pendek yang penuh tipuan mewarnai durasi pertandingan dari awal hingga akhir.

Tim IKA Sospol Unhas sebagai juara II turnamen badminton IKA FIBRA Unhas, foto bersama dengan ketua IKA FIBRA Unhas A. Waris Halid, S.S., M.M., (ke-4 dari kiri) dan ketua panitia Hanafi, S.S. (kanan), Kamis malam (26/10/2023) di GOR Unhas Baraya Makassar. (Foto: M. Ruslan/kabarika)

Adu strategi permainan sejatinya memperlihatkan tim siapa yang unggul. Pertandingan yang berlangsung dua set yang melelahkan, akhirnya dimenangkan oleh tim IKA Teknik dengan skor 42. Sedangkan tim IKA Sospol hanya mampu mencetak 29 poin.

Tugas tim pertama untuk membela grupnya masing-masing telah usai. Kedua grup masih memiliki dua tim yang akan dimainkan pada partai berikutnya.

IKA Sospol dan IKA Teknik selanjutnya menurunkan tim kedua berupa ganda campuran. Pasangan Dini dan Yulian turun membela IKA Sospol, sedangkan IKA Teknik menurunkan pasangan Nanang dan Devi.

Kedua pasangan tampil mati-matian untuk membela nama baik regunya masing-masing. Pertadingan berlangsung ketat dengan masing-masing tim menampilkan gaya permainan yang menarik.

Tim IKA Sospol tampak menguasai pertandingan sejak awal permainan pada set pertama. Perolehan angka pada set pertama menunjukkan keunggulan tim IKA Sospol yang menutup permainan dengan skor 21-16.

Setelah betukar tempat, kedua tim saling menjaga gengsi. Permainan berlangsung dengan kekuatan berimbang. Perolehan angka berlangsung ketat.

Akhirnya tim IKA Sospol menutup pertandingan dengan skor 21-20. Pertandingan kedua ini dimenangkan oleh tim IKA Sospol.

Pertandingan berikutnya merupakan pertandingan hidup mati membela regunya masing-masing, sekaligus menjadi penentu akhir cerita.

Para pemain kategori umum yang meraih juara I, II, dan III, berdiri di atas podium pada sesaat sebelum penyerahan hadiah, Kamis malam (26/10/2023) di GOR Unhas Baraya Makassar. (Foto: M. Ruslan)

Tim terakhir yang diturunkan oleh IKA Sospol maupun IKA Teknik dipastikan adalah tim terbaik, karena merupakan penentu regu mana yang akan berdiri di podium juara I dan juara II.

Pasangan Romi dan Subhan tampil membela gengsi IKA Sospol, sedangkan regu lawan menurunkan pasangan Fajri dan Kaleb dari IKA Teknik.

Pertemuan kedua tim penentu ini ternyata tidak imbang. Tim IKA Teknik tampaknya menguasai jalannya pertandingan. Pemain IKA Sospol kewalahan mengembalikan suttlecock dari pemain IKA Teknik.

Pemain IKA Sospol bahkan jatuh bangun dalam mengembalikan pukulan smas dari pemain lawan.

Pada set pertama tim IKA Teknik menang mudah atas pemain IKA Sospol dengan skor 21-7.

Pertandingan set kedua dilanjutkan. Pemain IKA Sospol kerepotan menghadapi serangan dari pemain IKA Teknik.

Kemenangan IKA Teknik pada set pertama kembali terulang pada set kedua. Setelah berjuang keras, IKA Sospol hanya mampu meraih 9 angka.

Tim IKA Teknik menutup permainan dengan skor 42-16, sekaligus memaksa IKA Sospol harus rela menjadi juara II.

Regu IKA Teknik tampil sebagai juara I dengan membawa pulang trofi piala bergilir.

Sedangkan juara III ditempati regu IKA FIBRA yang juga penyelenggara turnamen, bersama IKA Peternakan.

Masing-masing juara mendapat medali dan uang pembinaan.

Juara I mendapat trofi piala bergilir plus uang pembinaan sebesar Rp 5 juta. Disusul juara II sebesar Rp 3 juta. Sedangkan juara III masing-masing mendapat Rp 1,5 juta.

Selain diikuti regu dari IKA Unhas, turnamen badminton IKA FIBRA ini juga diikuti delapan regu kategori umum.

Tampil sebagai juara I adalah PB Mania(c) dari Maros, disusul juara II dari PB Solder Makassar. Sedangkan juara III merupakan juara bersama, yakni PB RHU dan PB IKA SMA 7 Makassar.

Sekjen PP IKA Unhas Prof Yusran Jusuf, ketua IKA FIBRA Unhas A. Waris Halid, ketua panitia Hanafi dan anggota panitia serta para pemenang foto bersama usai penutupan turnamen badminton IKA FIBRA, Kamis malam (26/10/2023) di GOR Unhas Baraya Makassar. (Foto: M. Ruslan)

Masing-masing juara mendapat uang pembinaan. Juara I mendapat trofi plus Rp 6 juta, juara II Rp 4 juta, dan juara III masing-masing Rp 3 juta.

Turnamen badminton yang dilaksanakan IKA FIBRA ini ternyata mendapat sambutan antusias dari pemain bulu tangkis di luar IKA Unhas. Ada delapan grup bulu tangkis kategori umum yang turut meramaikan even ini.

IKA FIBRA merupakan yang pertama menyelenggarakan even pertandingan bulu tangkis selama kepengurusan IKA Unhas di bawah kepemimpinan Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, M.P.

Para pencinta bulu tangkis juga selalu antusias memenuhi tribun GOR Unhas Baraya untuk menonton pertandingan selama turnamen berlangsung, dari hari pertama hingga partai final berlangsung.

Sukses IKA FIBRA. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *