Departemen Kesehatan Anak FK UNHAS Gelar Pemeriksaan Gratis

KABARIKA.ID, MAKASSAR–Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK UNHAS berpartisipasi menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November.

Tahun ini genap berusia ke-59 bertajuk “Pemeriksaan Kesehatan Anak Gratis” yang berlokasi di Car freeday Makassar, Minggu (19/11/2023)

Car freeday ini sendiri bertujuan agar masyarakat bisa menikmati kawasan bebas polusi udara dalam melakukan aktivitas olah raga di pagi hari.

Pengabdian masyarakat dipimpin langsung oleh Ketua Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Unhas, Dr. dr. Aidah Juliaty A. Baso, Sp.A(K), Sp.GK, serta dikoordinir oleh Ketua bidang pengabdian masyarakat Dr. dr. Martira Maddeppungeng, Sp.A(K).

Acara ini juga dihadiri oleh Dekan FK UNHAS, Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid , Sp.PD, KGH, Sp.GK, Prof. Dr. dr. Nasrum massi, Sp.MK, para supervisor, serta peserta program pendidikan dokter spesialis anak FK UNHAS.

Ketua bidang pengabdian masyakat Dr. dr. Martira Maddeppungeng, Sp.A(K) mengatakan stunting masih menjadi sebuah isu nasional, sehingga pemeriksaan kesehatan anak ini diharapkan menjadi salah satu upaya pencegahan.

Hal ini sebagai penurunan angka stunting di Sulawesi Selatan yang tahun ini mencapai 27,4%.

Pada tahun 2024 jumlah kasus ditargetkan menurun menjadi 14%.

“Dengan adanya kegiatan ini orang tua dapat lebih mawas terhadap tumbuh kembang anaknya,” ucapnya.

Momen ini mendapatkan antusiasme luar biasa dari masyarakat dengan pelayanan yang diberikan yaitu meliputi pemeriksaan berat badan dan panjang badan, menentukan status gizi anak dengan mengukur antropometri berat badan, panjang badan dan pemeriksaan skrining perkembangan anak dan konsultasi.

Dari pemeriksaan yang dilakukan beberapa anak terdeteksi mengalami stunting maupun keterlambatan perkembangan bicara.

Disamping pemeriksaan kesehatan anak, diadakan juga senam bersama dengan masyarakat.

“Para peserta diajak untuk berpartisipasi dalam sesi senam yang menggembirakan dan menyenangkan,” ucapnya.

Senam bersama ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat dan aktif bagi anak-anak. Para peserta sangat antusias dan menikmati momen bergerak bersama ini.

Selama acara, suasana meriah terasa mengiringi kegiatan konsultasi kesehatan anak gratis. Para dokter spesialis anak juga memberikan pelayanan yang profesional dan ramah kepada setiap peserta.

Menjawab pertanyaan serta memberikan saran yang berguna terkait kesehatan anak. Peserta pun merasa terbantu dan puas dengan pelayanan yang diberikan.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada masyarakat yang mendapatkan konsultasi kesehatan anak gratis, tetapi juga memberikan kesempatan bagi orangtua untuk lebih memahami pentingnya kesehatan anak dan menjaga sejak dini agar tumbuh kembang optimal,

Acara “Konsultasi Kesehatan Anak Gratis” ini menjadi bukti nyata bahwa Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Universitas Hasanuddin berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesehatan anak-anak di masyarakat.

Dengan menggabungkan aspek pendidikan dan pelayanan kesehatan, acara ini telah memberikan dampak positif dan memberdayakan masyarakat dalam menjaga kesehatan anak-anak.

Melalui arahan Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Unhas, kedepannya kegiatan ini akan menjadi kegiatan berkesinambungan setiap minggu kedua ditiap bulannya dengan topik konsultasi yang berbeda dari pakar di bidangnya.

Pengabdian masyarakat ini banyak mendapat apresiasi, tidak hanya dari masyarakat, tetapi juga Dekan FK UNHAS Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, Sp.PD, KGH, Sp.GK.

Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Universitas Hasanuddin berterima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam acara ini.

Keberhasilan acara ini tidak mungkin terwujud tanpa partisipasi dan antusiasme dari masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi institusi lain untuk mengadakan kegiatan serupa dan terus mendorong kesadaran akan pentingnya kesehatan anak. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *