KPID Sulsel Gelar Program Literasi Penyiaran Sehat di Barru, Irwan: Masih Ada Blankspot

Berita604 Dilihat

KABARIKA.ID, BARRU– Komisi Penyiaran Daerah Sulawesi Selatan menggelar Literasi Penyiaran Sehat Bertema “Cerdas Memilih Siaran di Area Blankspot”, di Hotel d’Shining Kab.Barru, Kamis (07/12/2023).

Acara dibuka oleh Ketua KPID Sulawesi Selatan Irwan Ade Saputra S,IP, M.Si, didampingi Komisioner KPID Sulawesi Selatan lainnya.

Menurut Irwan di Sulsel masih ada beberapa lokasi blankspot dalam jangkuan TV analog sehingga KPID turun meliterasi masyarakat. Literasi ini terkait penyiaran, salah satunya di Kab. Barru.

“Ini adalah salah satu bentuk kepedulian KPID Sulsel agar masyakarat paham terkait hal tersebut,” kata Irwan, yang juga PP Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin.

Kegiatan literasi ini menghadirkan tiga Narasumber yaitu Ketua DPRD Povinsi Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika Sari, S.H., M.Si, praktisi penyiaran Mar’atu Shaliha dan Komisioner KPID Sulawesi Selatan Siti Hamidah, SE., M.M

Berbagai kalangan siswa-siswi di Kab. Barru menghadiri kegiatan ini, antara lain siswa SMA Negeri 1 Barru, SMA Negeri 3 Barru, SMK Negeri 1 Barru, dan para pengajar/guru dari Kab. Barru.

Juga dihadiri oleh masyarakat umum, guru dan siswa yang diharapkan berperan kritis dan mengawasi konten siaran di Provinsi Sulawesi Selatan.

Selama ini KPID Sulsel juga membuka ruang bagi masyarakat untuk aktif melakukan pengawasan isi siaran dengan melakukan literasi dan memfasilitasi media komunikasi melalui integrasi teknologi dengan aplikasi E-KPID Sulawesi Selatan.

Dalam acara ini KPID Sulsel juga akan Mengupayakan dalam mengawal penyiaran di area Blankspot dengan mendorong percepatan digitalisasi penyiaran, mendorong LPS melakukan investasi transmisi di area Blankspot dan mendorong terbentuknya lembaga penyiaran lokal yang memiliki izin resmi.

KPID Sulsel berharap dengan
Program Literasi Penyiaran Sehat ini masyarakat Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Barru dapat lebih sadar pentingnya menjadi pemirsa yang cerdas dalam menentukan dan memilih konten siaran. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *