Tanam Padi di Aceh Besar, Wamentan Harvick: Tingkatkan Indeks Pertanaman

Berita484 Dilihat

KABARIKA.ID,  ACEH–Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi melakukan gerakan percepatan tanam padi di area lahan seluas 900 hektar di kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Jumat (22/12/2023). Adapun jenis padi yang ditanam merupakan padi varietas inpari 32.

Wamentan mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka menggenjot produksi beras nasional, terutama di Aceh Besar agar mencapai target.

“Dengan cakupan lahan seluas 900 hektar, InsyaAllah, mudah-mudahan Aceh Besar tetap bisa mempertahankan surplus berasnya,” kata Wamentan Harvick.

Wamentan pun meminta agar indeks pertanaman (IP) di Aceh Besar terus ditingkatkan menjadi empat kali tanam dalam setahun atau IP400.

Meski demikian, Wamentan mengapresiasi produksi padi di lahan tersebut yang mencapai 7,5 ton per hektar.

“Ke depan saya meminta agar indeks pertanaman di Aceh Besar lebih ditingkatkan lagi, syukur-syukur bisa menjadi IP400,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Wamentan yang didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Marzuki, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh Cut Huzaimah, dan Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, turut berdialog dengan sejumlah petani maupun penyuluh setempat. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *