WHO: Flu Burung Bisa Menular ke Sapi Ternak di Luar AS

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada hari Selasa (30/04/2024), bahwa ada risiko virus flu burung H5N1 menyebar ke sapi ternak di negara lain di luar Amerika Serikat melalui burung yang bermigrasi.

Para pejabat AS berupaya memverifikasi keamanan susu dan daging setelah memastikan adanya penyebaran virus H5N1 pada 34 peternakan sapi perah di sembilan negara bagian sejak akhir Maret, dan pada satu orang di Texas.

“Dengan virus yang dibawa ke seluruh dunia melalui burung-burung yang bermigrasi, tentunya terdapat risiko bagi sapi-sapi di negara lain untuk tertular,” kata Wenqing Zhang, kepala Program Influenza Global WHO pada konferensi pers di Jenewa, kemarin.

Wenqing Zhang, kepala Program Influenza Global WHO. (Foto: tangkapan layar YouTube WHO)

Zhang menegaskan bahwa WHO menganggap risiko kesehatan masyarakat secara keseluruhan yang ditimbulkan oleh virus ini rendah, namun mendesak adanya kewaspadaan.

Saat diminta untuk mengevaluasi transparansi AS mengenai wabah flu burung sejauh ini, Zhang mengatakan badan global tersebut telah menerima pembaruan rutin dan memuji keputusan untuk membagikan urutan genetik virus sejak dini.

“Saya pikir kolaborasi dengan CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) AS dan informasi yang kami terima sejauh ini, memungkinkan kami memantau situasi dan memperbarui langkah-langkah kesiapsiagaan,” tandas Zhang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *