Cara Mengatasi Jika Serangga Masuk ke Telinga

Kesehatan735 Dilihat

SERANGGA masuk ke telinga adalah hal yang umum terjadi, serangga seperti semut, nyamuk, bahkan kecoa biasa masuk ke telinga.

Apabila serangga masuk ke telinga tentu saja adalah hal yang berbahaya dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada telinga kita.

Dibalik itu ternyata kotoran telinga juga bermanfaat untuk mencegah serangga masuk ke telinga kita karena baunya yang khas tidak disukai oleh serangga.

Nah, jika kita terlalu sering membersihkan kotoran telinga bisa saja membuat serangga masuk ke telinga kita kalau lagi apes, tapi bukan berarti kita tidak boleh membersihakan telinga karena kebersihan telinga juga penting.

Jangan terlalu khawatir, berikut cara mengatasi jika serangga masuk ke telinga, yuk simak!

1. Miringkan kepala ke samping sesuai arah telinga yang dimasuki serangga

Jangan pernah mencoba mengeluarkan serangga dengan cara memasukkan cutton bud atau lidi ke lubang telinga itu bisa saja mendorong serangga lebih jauh masuk ke dalam telinga dan bisa saja melukai bagian telinga dalam kita.

Cara mengeluarkan serangga yang aman miringkan kepala ke samping sesuai arah telinga yang kemasukan serangga dan goyangkan kepala dengan lembut dan lihat apakah serangga berhasil keluar dari telinga atau tidak.

2. Senter lubang telinga

Jika cara pertama tidak berhasil maka lakukan cara yang kedua yaitu senter lubang telinga, tapi pastikan dahulu apakah serangga yang masuk ke telinga belum mati.

Apabila belum mati senter lubang telinga cahaya senter yang masuk ke lubang telinga bisa menuntun serangga keluar dari telinga.

3. Teteskan minyak zaitun atau minyak kelapa pada lubang telinga

Apabila cara pertama dan kedua tidak berhasil maka terpaksa kita harus membunuh serangga dengan cara meneteskan minyak zaitun atau minyak kelapa ke dalam telinga dan diamkan beberapa saat, sampai tidak ada pergerakan dari serangga apabila tidak ada pergerakan maka serangga sudah mati.

Jika serangga sudah mati maka miringkan kepala agar minyak tadi keluar dan perhatikan apakah serangga ikut keluar bersama minyak.

4. Periksa ke dokter

Jika serangganya masih belum keluar dan telinga masih tidak nyaman dari telinga maka langkah selanjutnya adalah kita harus periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. (****)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *