Mulai Sekarang Jangan Buang Kulit Telur karena Ampuh Cegah Osteoporosis

KULIT telur yang selalu dibuang ternyata punya sejuta kebaikan bagi tubuh. Diantaranya baik untuk pertumbuhan tulang, sendi, dan kulit.

Memakan cangkang telur memang bukanlah hal yang umum, apa lagi kulit telur terbilang agak keras dan kasar. Sehingga itu disediakan cara tertentu untuk mengonsumsinya.

Agar dapat dikonsumsi, kulit telur harus lebih dulu direbus agar bakteri yang menempel di luar dan di dalam cangkang dapat hilang.

Setelahnya, panggang kulit telur dalam oven bersuhu 93 derajat Celcius selama 10-15 menit. Kemudian tumbuk hingga halus hingga berbentuk seperti bubuk. Jika sudah halus cangkang telur siap untuk digunakan sebagai pengganti suplemen.

Cara mengonsumsi nya pun mudah, cukup larutkan secukupnya bubuk kulit telur kedalam air mineral atau jus yang akan diminum.

Harus diingat dalam mengonsumsinya perlu untuk memperhatikan hal berikut.

Berlebihan dalam mengonsumsi cangkang telur dapat menyebabkan kalium berlebih pada tubuh, yang dapat memicu batu ginjal dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Sebelum mengonsumsinya, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter demi menghindari ketidak cocokan.

Meski begitu, perlu untuk diketahui apa saja sih, manfaat dari cangkang telur :

Membantu memenuhi kebutuhan kalsium

Cangkang telur sebagian besarnya terbuat dari kalsium karbonat yang merupakan bentuk umum dari kalsium. Fakta ini membuatnya kerap dijadikan salah satu bahan pembuat suplemen kalsium.

Dalam satu gram kulit telur, terdapat sekitar 40% kalsium atau 380-400 mg. Oleh karena itu, mengonsumsi satu setengah kulit telur dianggap bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian individu dewasa yang setara dengan 1.000 mg per hari.

Tapi ingat, mengonsumsi kulit telur dengan tujuan untuk mendapatkan asupan kalsium tidaklah bisa dilakukan sembarangan. Tetap batasi konsumsinya dan pastikan kulit telur sudah sangat halus.

Mengurangi risiko terjadinya osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi yang ditandai dengan berkurangnya kepadatan tulang, membuatnya keropos dan rentan patah apabila terbentur atau jatuh. Risiko terjadinya osteoporosis akan meningkat saat seseorang kekurangan kadar kalsium.

Mengonsumsi bubuk kulit telur bisa menjadi salah satu solusi untuk mencukupi kebutuhan kalsium sehingga tulang tetap kuat.

Sebuah studi yang dilakukan pada wanita pascamenopause dengan osteoporosis yang mengonsumsi bubuk kulit telur bersamaan dengan vitamin D3 dan magnesium. Cara ini dapat memperkuat tulang mereka dengan meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Baik untuk sendi

Di bawah permukaan kulit telur, terdapat membran yang bisa terlihat saat Anda mengupas telur rebus. Lapisan tipis berwarna keruh sedikit bening ini, ternyata mengandung protein dalam bentuk kolagen yang baik untuk menjaga kesehatan sendi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *