Mengenal Self Healing, Menyembuhkan Luka Batin dengan Bantuan Diri Sendiri

MENGALAMI perasaan sedih atau traumatis bisa muncul karena gagal dalam suatu hal, sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, seperti putus cinta, kehilangan pekerjaan, marah pada diri sendiri, atau masalah-masalah lainnya.

Perasaan tersebut dapat menimbulkan luka atau bahkan trauma bagi penderitanya.

Sejalan dengan itu, bagaimana caranya menyembuhkan luka batin atau trauma dengan sendirinya?

Self healing merupakan metode yang tepat dilakukan sebelum kondisi emosional menjadi lebih tidak stabil.

Self healing merupakan teknik menyembuhkan diri sendiri dengan mengandalkan potensi yang ada pada diri sendiri guna, mengurangi ketegangan serta kecemasan yang terjadi.

Proses memulihkan diri dengan cara sefl healing ini tentu sangatlah beragam. ada yang memilih menghabiskan waktu di alam untuk lebih menenangkan diri.

Adapun metode lain dalam melakukan self healing yaitu :

Pertama, tahap mengenali diri, yakni kita perlu menyadari permasalahan dan emosi apa yang hadir dalam diri kita, apakah itu bentuk kesedihan, kemarahan, kekecewaan, atau menyalahkan diri.

Ketika seseorang mampu merasakan apa yang dirasakan, maka orang tersebut akan semakin mudah mengelolah dana menelaah emosi yang dirasakannya.

Kedua, tahap menolong diri sendiri dapat dilakukan dengan berbagai macam teknik salah satunya adalah dengan relaksasi.

Seperti duduk dalam keheningan dan berfokus pada napas dan pikiran saat ini mampu membuat pikiran kita beristirahat sejenak. Menuliskan kecemasan yang sedang dirasakan juga dapat meringankan beban yang menghimpit, jika kita belum menemukan orang lain untuk teman bercerita.

Ketiga, tahap menolong orang lain yaitu di mana kita membagi pengalaman hidup kita kepada orang yang juga mengalami masalah serupa dapat menjadi pengingat atau self reminder bagi diri sendiri. Melibatkan diri dalam kegiatan kegiatan sosial juga memberikan dampak yang positif bagi diri kita dan orang lain.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *