KABARIKA.ID, MAKASSAR- Rapat kerja Nasional Ikatan Alumni Teknik Universitas Hasanuddin (IKATEK-UH) dibuka oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Pusat (PP) IKA UNHAS, Prof Yusran Jusuf mewakili Ketua Umum, Andi Amran Sulaiman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pembukaan raker turut dihadiri Wakil Rektor 3 UNHAS Prof Farida Patittingi yang mewakili Rektor, Dekan Fakultas Teknik, Prof Isran Ramli, Rektor Institut Teknologi Habibie Parepare, sejumlah tokoh IKATEK, BRIN, pengurus pusat IKA UNHAS.

Sekjen IKA UNHAS Yusran Jusuf dalam sambutannya menyebut, atas kepemimpinan ketum PP IKA UNHAS, Andi Amran Sulaiman, tujuan IKA UNHAS untuk memperkuat sinergi alunmi sejalan dengan visi misi IKATEK.

”Bagaimana alumni berkontribusi pada civitas akademika, termasuk bagaimana alumni berkontribusi pada kegiatan-kegiatan sosial, termasuk peduli bencana,” kata Yusran, saat menyampaikan pada pembukaan Raker di Hotel Aryaduta Makassar, Sabtu (3/7/2024).

Menurut Prof Yusran, ada empat tujuan yang bisa dikontribusikan alumni UNHAS.

Di antaranya bagaimana menjadi bagian dalam penguatan ketahanan pangan, bagaimana berkontribusi pada teknologi hingga hilirisasi.

”Keempat prioritas itu sangat terkait dengan keberadaan IKATEK UNHAS pada teknologi atau teknik,” kata Yusran disambut tepuk tangan.

Ketua Panitia Rakernas Dedy Irfan Bachri melaporkan acara akan berlangsung selama dua hari,

Selain acara yang digelar hari ini, telah dilaksanakan gerak jalan santai di Kawasan CPI, sejumlah rapat pendahuluan pengurus baik di Jakarta, Makassar, dan sejumlah daerah.

”Nanti malam kita akan gelar gala dinner di kediaman Bapak Wali Kota Makassar, di Jalan Amirullah,” tambah pria yang juga alumni Teknik Geologi dan General Manager Maros Pangkep Geopark ini.

Sebelum sambutan-sambutan, dilaksanakan pengukuhan pengurus IKA Geologi oleh Ketua IKATEK Muhammad Sapri Andi Pamulu.

Sebagai ketua adalah Ir Sugianto Wahid, alumni Geologi angkatan 92.

Selanjutnya pembacaan kepengurusan untuk sejumlah Badan Otonom (Batom) IKATEK, mulai dari yayasan, perusahaan, dominio hingga sepeda, sepakbola, dan komunitas runners.

Perluasan Kolaborasi Teknik untuk Negeri

Ketua Umum Ikatan Alumni Teknik (IKA Teknik– IKATEK) Muhammad Sapri Andi Pamulu memberi apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu proses pelaksanaan Rakernas, kepada panitia dan tokoh Antek yang telah hadir dan membantu, termasuk kepada sejumlah sponsor.

Dia juga menjelaskan secara sederhana tema Rakernas Kolaborasi Teknik untuk Negeri adalah bagaimana alumni yang ada dalam naungan Ikatek berkontribusi untuk masyarakat, almamater dan NKRI.

”Latar belakang alumni beragam, punya pengalaman dan kompetensi. Sudah saatnya memaksimalkan kontribusinya untuk membangun negeri. Semacam perluasan area pengabdian,” katanya

Dekan FT UNHAS, Prof Isran Ramli menyampaikan FT UNHAS sebagai fakultas di Unhas yang jumlah mahasiswanya terbanyak. Dia berharap dengan adanya ILATEK UNHAS, maka Indeks Kinerja Utama FT UNHAS bisa ditingkatkan.

”Alhamdulillah FT Unhas masuk ranking ketiga untuk indeks kinerja utama itu,” kata Isran yang disambut tepuk tangan.

Tanpa dukungan IKATEK katanya lagi, tidak mungkin kita dapat performansi seperti itu.

Prof Isran juga menyebut, pihak di FT UNHAS telah menyiapkan kerjasama dengan pengurus IIKATEK yang baru dengan adanya sekretariat IKATEK di Kampus Teknik Gowa.

”Harapannya bisa soft launching pada saat Dies Natalis FT UNHAS pada 31 Agustus 2024 nanti,” ucapnya.

Ir Andi Herry Iskandar, alumni Teknik UNHAS angkatan 1977 berbagi pendapat agar Ikatek bisa berkontribusi pada penyiapan lapangan kerja yang lebih luas, beragam.

Pria yang akrab disapa Puang Herry itu menceritakan bagaimana IKATEK pada tahun 1993 menyambut alumni keseribu, dan saat ini sudah mencapai 22 ribu.

Ketua dewan pertimbangan IKATEK, Anshar ’Anca’ Rahman menyampaikan beberapa poin penting yang mestinya menjadi pilihan strategik ke depan.

Perlunya alumni untuk mengambil inisiatif, hal yang disebutnya sebagai sumber daya manusia atau SDM Teknik yang berani menyampaikan gagasan baru. Perlu mendorong supaya ada ’alumni talk’ dalam skala yang luas.

Menurutnya, lain kali jangan lagi senior tua yang bicara seperti saat ini tetapi alumni yang punya prestasi. ”Ada banyak alumni Teknik berprestasi di luar sana,” katanya.

Berikutnya katanya adalah perlunya terobosan inovasi dari alumni. Anca menilai, Indonesia adalah negara dengan tingkat inovasi yang sangat rendah. ”IKATEK harus berkontribusi di situ,” tegasnya.

Sambutan terakhir adalah dari Prof Buana Ma’ruf, alumni Teknik angkatan 80 yang merupakan dosen di ITS Surabaya dan aktif di BRIN.

Dia menekankan perlunya sinergi, jejaring alumni Teknik yang tak hanya fokus di Timur tetapi juga ke Barat.

Ada beberapa pokok pikiran yang disampaikannya tentang riset, inovasi, updating data, dan kerjasama manajerial lintas disiplin ilmu keteknikan.

Menurutnya, Ikatek dengan visi misi yang ada perlu pula fokus pada sejumlah isu-isu aktual atau yang akan menjadi tantangan di masa datang.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto tidak sempat hadir karena sedang dalam perjalanan dari Jakarta ke Makassar.

Namun malamnya Danny Pomanto menggelar gala dinner untuk peserta Rakernas.

Mewakili Pemerintah Kota Makassar, hadir Plt Kepala Diskominfo Ismawaty Nur dan Kapala Badan (Kaban) Riset Nirman Niswan Mungkasa.

Hadir pula ketua IKA Departemen, pengurus IKA Unhas Wilayah Sulawesi Selatan, awak media dan terutama pengurus IKA Teknik UNHAS periode 2024 – 2028.