Ratusan Anggota IKA Unhas Beserta Keluarga Salat Ied di AAS Building

Berita1027 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Sekitar 750 orang anggota IKA Unhas beserta keluarga meramaikan pelaksanaan salat Idul Adha, 10 Zulhijah 1443 H. yang digelar di AAS Building, Minggu (10/7/2022).

Salat Idul Adha ini juga dihadiri pengurus inti IKA Unhas, antara lain Ketua umum Dr Ir. H. Andi Amran Sulaiman, MP, Sekjen Prof Dr Ir Yusran Jusuf, M.Si, IP, dan Direktur Eksekutif Salahuddin Alam.

Kehadiran anggota keluarga anggota IKA Unhas dalam pelaksanaan Idul Adha ini semakin menambah semaraknya kegiatan ibadah di gedung AAS Building, sekaligus lebih mempererat hubungan silaturahmi sesama alumni.

Usai salat id para jamah mendengarkan khutbah dengan khidmat yang disampaikan oleh khatib ustad H. Hisbullah Huda, SS, M.Pd. Dalam khutbahnya khatib mengingatkan para jamaah agar tidak terlena dengan harta yang dimiliki, karena harta dan jabatan dapat menyebabkan manusia lupa kepada Allah Swt.

“Seyogyanya kita renungkan, bahwa dalam kehidupan ini seringkali harta bisa membuat manusia lupa pada Allah Yang Maha Kaya. Seringkali pangkat, jabatan dan kedudukan menjadikan manusia semakin jauh dari Allah yang memberi dan mengambil pangkat dan jabatan,” kata khatib.

Rangkaian pelaksanaan salat Idul Adha adalah pemotongan hewan kurban. Hal ini merupakan syariat dari Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail sebagai realisasi ketakwaan kepada Allah Swt yang dilaksanakan secara ikhlas.

Terkait syariat berkurban, khatib mengingatkan bahwa setiap keluarga muslim pasti akan mendapatkan godaan iblis dan terkadang godaan iblis itu melalui ayah, ibu atau lewat orang-orang yang kita sayangi, yaitu anak-anak kita.

“Semoga seluruh anggota keluarga mampu memetik pelajaran indah dan hebat dari kisah keluarga Nabi Ibrahim AS. Kita yang menjadi ayah semoga bisa menjadi ayah yang demokratis, adil dan bijaksana sebagaimana Nabi Ibrahim yang mengajak putranya bermusyawarah untuk melaksanakan perintah besar dari Allah. Para wanita yang ditakdirkan oleh Allah menjadi ibu, semoga mampu meneladani Siti Hajar yang mendukung dan mendoakan suaminya dalam menaati perintah Allah Swt,” papar khatib.

Ibadah kurban menjadi sarana bagi setiap muslim untuk menunjukkan ketakwaan kepada Allah dengan mengikuti syariat Nabi Ibrahim, sekaligus memperkokoh ikatan sosial dengan sesama umat Islam melalui pembagian daging kurban kepada warga yang kurang mampu.

Setelah pelaksaan salat Idul Adha selesai, dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban berupa dua ekor sapi di belakang gedung AAS Building. Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Ketua Umum IKA Unhas serta sejumlah pengurus IKA Unhas lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *