Senator DPD RI Acungkan Jempol ke Mentan Amran Genjot Produksi Pangan Dalam Negeri

Berita860 Dilihat

KABARIKA.ID, JAKARTA– Anggota DPD RI Bustami Zainudin mengapresiasi kinerja dan program Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam memperkuat produksi dalam negeri hingga meraih kembali swasembada melalui pengoptimalan lahan rawa dan lahan suboptimal di seluruh Indonesia.

Ia menilai apa yang dikerjakan Kementan sudah dalam posisi on the track.

Hanya saja, dia meminta agar pemerintah memperbanyak pelibatan anggota DPD dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan proses jalanya pembangunan pertanian.

Bustami menambahkan bahwa produksi pangan mutlak dilakukan agar ketersediaan pangan nasional dalam kondisi aman. Dia berharap, Indonesia menjadi negara paling kuat terhadap ancaman krisis global

“Yang penting masyarakat tahu bahwa kita berjuang juga untuk membangun sektor pertanian. Jangan sampai nantinya mereka pikir kita diam di sini. Jadi mungkin itu sedikit catatan dari kami,” jelasnya dalam rapat kerja bersama DPD RI di Gedung Parlemen, Rabu (29/11/2023).

Sementara itu, Mentan Amran mengungkapkan, dalam memperkuat ketersediaan pangan serta menekan kebijkan impor, bahkan Indonesia mampu mencapai swasembada pada tahun-tahun yang akan datang.

“Seharusnya kita sudah ekspor karena di masa pemerintahan Pak Jokowi kita tiga kali swasembada. Nah hari ini kami berkomitmen akan melanjutkan capaian tersebut karena kami sudah memiliki program jangka panjang. Kami bahkan sudah punya peta jalan pertanian untuk masa depan,” ujar Mentan Amran

Sebagai langkah nyata, Mentan mengaku sudah menyiapkan teknologi mekanisasi dan bantuan sarana prasarana produksi lainya yang dapat menunjang generasi muda menjadi pelaku utama pembangunan pertanian masa depan yang jauh lebih cemerlang dan gemilang.

“Jadi 60 persen generasi milenial ini harus terlibat secara langsung. Syaratnya adalah beri mereka ruang untuk untung dengan menggunakan teknologi digital. Kemudian yang ketiga permudah akses ke sektor pertanian. Insya Allah generasi milenial lebih maju karena sektor pertanian sangat menjanjikan dan menguntungkan,” katanya.

Secara khusus, Mentan meminta dukungan DPD RI untuk menjadikan sektor pertanian sebagai kekuatan utama bangsa indonesia. Baginya, DPD adalah mitra strategis karena memiliki konstituen dan aspirasi nyata dari para petani di seluruh daerah.

“Kami mengucapkan terimakasih ke Komite II DPD dan ini luar biasa supportnya kepada kita semua di sektor pertanian. Sekarang kita sedang mengantisipasi terjadinya El Nino yang cukup panjang dengan melakukan tanam cepat upaya khusus. Insyaallah semua berjalan baik,” katanya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *