Semangati Petani di Bone, Mentan Amran: Ke Depan Kita Beri Makan Dunia

Berita743 Dilihat

KABARIKA, BONE–Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menghadiri tanam perdana padi di Dusun Dekko Desa Mappesangka Kecamatan Ponre, Senin 15 Januari 2024.

Mentan Amran menyaksikan penanaman padi di hamparan bersama Inspektorat TNI, Letjen Marinir Suhartono M.Tr.Han, Panglima Kodam XIV/Hasanudin, Mayjen TNI, Bobby Rinal Makmun, Pj. Bupati Bone, Andi Iskamuddin, Dandim, Kapolres dan jajaran Kementrian Pertanian

“Insya Allah ke depan, produksi akan memberi makan dunia,” tegasnya sembari menyebut Indonesia swasembada pangan tiga kali tahun 2017, 2019 dan 2020,” kata Amran.

Mentan Amran menegaskan, dirinya punya misi mulia meningkatkan produksi pangan di Bone. Dirinya ingin swasembada pangan dan Bone harus jadi leadernya.

“Bersatuki kita gerakkan pertanian. Tolong jangan lagi dipolemikkan pupuk. Insya Allah dewupakaasiri to ugie,” tegas Amran.

Sekira 25.000 peserta mengikuti kegiatan Pembinaan Petani dan Penyuluh Provinsi Sulawesi Selatan wilayah Kabupaten Bone, Sinjai, dan Soppeng, “Mendukung Peningkatan Produksi Padi dan Jagung Nasional”.

“Saya ditakdirkan masuk kabinet ke duakalinya. Pertama keluhan masyarakat yang harus saya tuntaskan adalah masalah pupuk. Alhamdulillah, dua bulan menjabat presiden beri kita anggaran Rp 14 triliun untuk tambahan pupuk,” kata Amran.

Lanjut Amran, katanya sulit pupuk karena harus pakai kartu tani, sekarang kita ubah, sudah bisa gunakan KTP.

Termasuk masalah solar. “Baru saya telepon menteri ESDM. Alhamdulillah, saya minta surat rekomendasi cukup ditandatangani kepala desa.

Tolong Pak Dandim, Kapolres dipantau kelancaran solar. Kita harus tingkatkan produksi secara nasional. Sekarang krisis pangan melanda 10 negara dan 44 negara terancam.

“Indonesia sempat goyah karena Elnino. Ini berbahaya untuk negara kita. Kalau krisis ekonomi petani makmur karena bisa ekspor pangan. Tapi kalau krisis pangan terjadi maka bisa terjadi konflik sosisal, krisis politik,” jelasnya.

Hadir mendampingi Menteri Pertanian, Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen PSP, Kepala Badan BSDMP, Irjen Inspektorat TNI, Letjen Marinir Suhartono M.Tr.Han, Panglima Kodam XIV/Hasanudin, Mayjen TNI, Bobby Rinal Makmun, Pj Bupati Bone, HA Islamuddin.

Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin, CEO AAS Community, Andi Amar Ma’ruf, Yasir Machmud, Kadis Tanaman Pangan Hortikultura Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman, Kapolres, Dandim, Kajari Bone.

Juga hadir Tenaga Ahli Menteri, Prof Yusran Yusuf, Dr. Iham Rasyid, Muh. Fadlan dan Salahuddin Alam.

Saat menyaksikan petani menanam pai di hamoaranbyabgnkuas, tampak Mentan Amran dan seluruh hadirin optimis dan berdoa hasil panen berhasil dan ke depan kembali swasembada. (**).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *