Sawedi, Sang Sosiolog Kini Menjabat di Rektorat

Inspirasi1564 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR — Rektorat Universitas Hasanuddin memilih seorang aktivis angkatan 90 dalam mewarnai perjalanan kepemimpinan Rektor Unhas Prof. Dr.Ir Jamaluddin Jompa periode 2022-2026.

Dalam SK yang diterbitkan oleh Universitas Hasanuddin terdapat nama Dr. Sawedi Muhammad, M. Sc sebagai Kepala Kantor Sekretariat Rektor Universitas Hasanuddin. Wedi, sapaan akrab Sosiolog tersebut dilantik hari ini, Selasa (5/7/2022) bersama jajaran pimpinan rektorat lainnya.

Dr. Sawedi Muhammad menyelesaikan S1 pada tahun 1996 di Universitas Hasanuddin. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya di kampus Ateneo De Manila University dan menyelasaikannya pada tahun 2003.

Selanjutnya pada tahun 2015, Wedi merampungkan gelar doktor di Universitas Negeri Makassar.

Perjalanan Sawedi sebelum melangkah ke gedung Rektorat Unhas adalah sebagai dosen tidak tetap di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Ia pengajar Teori Pembangunan hingga Sosiologi Birokrasi sejak November 2016.

Dirinya kemudian terangkat sebagai dosen tetap pada bulan Maret 2022.  “Alhamdulillah, saya telah beralih status. Sebelumnya sebagai dosen tidak tetap, dan sekarang menjadi dosen tetap,” ujar Dr Sawedi.

Sebagai akademisi, Wedi kerapkali menyoroti kehidupan kenegaraan dan perkotaan melalui keahliannya sebagai sosiolog. Ia seringkali menyoroti dan memberikan pandangan kritis kepada pemerintah.

Sebelum menjadi dosen di Unhas, Sawedi bekerja di PT Inco, (sekarang PT Vale) sebagai General Manager, Provincial Government and Community Relations pada PT International Nickel Indonesia, Tbk antara bulan April 2009 hingga September 2012. (ano)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *