Dengan Jargon Kolaborasi, IKA Unhas Diharap Mampu Membuat Terobosan

Opini493 Dilihat

IKA Unhas di bawah kendali Andi Amran Sulaiman telah melaksanakan rapat kerja pada 12 Juli 2022 yang lalu. Banyak harapan alumni atas kerja pengurus IKA Unhas.

Oleh : Nasrun Hamzah
(Alumni Fakultas Hukum Unhas Angkatan 83/Anggota Majelis Istiqamah ICMI Muda Indonesia)

Rapat kerja merupakan suatu forum yang penting dalam merumuskan program kerja organisasi.

Ada berbagai pandangan tentang organisasi ikatan alumni. Ada yang mengatakan organisasi ikatan alumni setingkat “arisan”. Ada pula yang menyebutnya sebagai tempat “nongki”.

Namun ada yang berpandangan lain bahwa ikatan alumni bukan sekadar bernostalgia, tetapi ada sesuatu yang memberi manfaat.

IKA Unhas yang telah melaksanakan Mubes di Makassar untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Jusuf Kalla, tentu saja sudah banyak berbuat. Terlepas dari plus minus IKA Unhas periode lalu.

Tentu IKA Unhas saat ini akan membuat program yang dapat memberi dampak positif, baik bagi alumni maupun masyarakat.

Kita semua berharap rapat kerja yang telah digelar mampu membuat terobosan dalam memberi sesuatu dengan jargon “Kolaborasi Unhas untuk Negeri”.

Alumni Unhas tersebar dari Sabang hingga Marauke dengan berbagai disiplin ilmu. Jika IKA Unhas mampu mengaktifkan kepengurusan di seluruh provinsi, maka akan menjadi suatu kekuatan strategis dalam pengabdian kepada bangsa ini.

Sebagai alumni Fakultas Hukum Unhas yang pernah bertugas di bidang investasi, kami mengamati salah satu kelemahan sebuah daerah adalah ketersediaan data base komoditas unggulannya.

Jika IKA Unhas pusat mampu meghidupkan IKA wilayah dan memiliki data base dimaksud serta bekerja sama dengan Pemda setempat, maka akan memberi peluang investasi.

Kita semua paham jika investasi berkembang di daerah akan memberi dampak ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Di sinilah IKA Unhas dapat memainkan peran untuk menumbuhkan kekuatan ekonomi bangsa ini. Jika ekonomi kuat, maka bangsa akan mandiri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *