Hari Kesadaran Endometriosis Internasional 1 Maret 2024: Menumbuhkan Kesadaran dan Dukungan terhadap Penderita

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Hari Kesadaran Endometriosis (Endometriosis Awareness Day) internasional diperingati setiap tanggal 1 Maret sejak 1993. Selama satu bulan penuh di bulan Maret ditetapkan sebagai Bulan Kesadaran Endometriosis (Endometriosis Awareness Month).

Endometriosis adalah suatu kondisi peradangan yang terjadi pada wanita ketika jaringan tumbuh di luar rahim. Jaringan ini sama dengan jaringan yang melapisi bagian dalam rahim.

Meskipun saat ini sudah banyak penelitian mengenai kondisi ini, namun masih belum ada obatnya, dan kesadaran merupakan masalah besar.

Bulan dan hari ini (1 Maret 2024) didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran dan mempromosikan penelitian untuk menemukan obat untuk endometriosis.

Hal ini juga bertujuan untuk mengatasi stigma yang menyertai endometriosis berupa infertilitas.

Ilustrasi seorang dokter memeriksa pasien endometriosis. (Foto: awarenessday.com)

 

Sejarah Hari Kesadaran Endometriosis

Asosiasi Endometriosis memprakarsai Bulan Kesadaran Endometriosis pada 1993, sebagai kampanye skala kecil yang masih diperingati di seluruh dunia sampai saat ini. Kampanye ini mencakup penggalangan dana, kegiatan pendidikan, dan pawai.

Asosiasi endometriosis mempromosikan hal ini dengan memberikan informasi dan dukungan kepada mereka yang menderita kondisi tersebut, dan membagikan pita kuning sebagai simbol endometriosis.

Endometriosis mempengaruhi satu dari 10 wanita di Amerika, dan diperkirakan 200 juta wanita di seluruh dunia. Meskipun angka-angkanya mengejutkan, masih belum banyak yang menyadarinya dan kondisi ini sering salah didiagnosis.

Menurut Endometriosis Foundation of America, kurangnya kesadaran dan pendidikan tentang penyakit ini merupakan hambatan besar dalam melakukan deteksi. Gejala dari kondisi ini antara lain nyeri haid, sakit perut, ketidakteraturan siklus, dan nyeri berlebihan saat berhubungan intim.

Gejala-gejala ini sering salah didiagnosis. Melalui upaya organisasi-organisasi yang berpartisipasi, komunitas medis, dan masyarakat sipil, semakin banyak orang yang mengetahui tentang kondisi ini. Namun demikian, masih diperlukan pemahaman yang lebih baik, terutama mengenai diagnosis dan pengobatan dini.

Deteksi dan intervensi yang tepat waktu dapat memberi kesempatan kepada pasien untuk mengatasi gejalanya, sebelum gejalanya menjadi tidak terkendali dan memerlukan pembedahan.

Wanita yang terkena endometriosis juga cenderung mengalami kesulitan untuk hamil. Belum diketahui secara pasti bagaimana endometriosis secara langsung menyebabkan infertilitas.

Lini Masa Hari Kesadaran Endometriosis

Lini masa Hari Kesadaran Endometriosis bermula sejak dari asal usul kuno pada 1500 Sebelum Masehi, hingga 1993 saat dilakukan observasi nasional di Amerika Serikat. Asosiasi Endometriosis memperingati Bulan Kesadaran Endometriosis untuk pertama kalinya pada 1993.

Diagram: Muh. Ruslan

 

Pertanyaan-pertanyaan Seputar Hari Kesadaran Endometriosis

Apakah pengangkatan rahim menghentikan endometriosis?
Meskipun pengangkatan rahim dapat meringankan gejalanya, endometriosis dapat kambuh kembali pasca operasi sehingga gejalanya muncul kembali.

Apakah ada pita untuk endometriosis?
Pita kuning adalah warna endometriosis dan kampanye kesadarannya.

Apakah endometriosis merupakan suatu kecacatan?
Endometriosis adalah suatu kondisi dan bukan suatu kecacatan. Apakah hal ini dapat diklasifikasikan sebagai penyakit, sampai saat ini masih diperdebatkan.

Tema Hari Kesadaran Endometriosis 2024

Tema peringatan Hari Kesadaran Endometriosis tahun 2024 adalah Living Well Together atau “Hidup Sejahtera Bersama.”

Tujuan dari tema peringatan ini adalah untuk menumbuhkan komunitas yang suportif dan pengertian bagi mereka yang terkena dampak endometriosis.

Peringatan Hari Kesadaran Endometriosis internasional bukan hanya untuk meningkatkan kesadaran akan endometriosis, melainkan juga untuk menginspirasi komitmen kolektif guna meningkatkan kehidupan individu yang hidup dengan kondisi ini.

Tema peringatan Hari Kesadaran Endometriosis internasional 2024. (Foto: nzendo.org.nz)

Living Well Together menyoroti pentingnya kebersamaan, baik itu kemitraan antara pasien, profesional kesehatan, keluarga, tempat kerja, maupun dengan komunitas luas.

Upaya kolaboratif sangat penting untuk memastikan mereka yang terkena dampak endometriosis menerima pemahaman dan dukungan yang mereka butuhkan dalam menjalani hidup sepenuhnya.

Cara Memperingati Hari Peduli Endometriosis

1. Mempelajari tentang endometriosis

Pelajari endometriosis dan gejalanya, cara mendeteksi dan mencari kemungkinan pengobatannya.

2. Konsultasikan dengan dokter Anda

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal memiliki gejala mirip endometriosis, buatlah janji bertemu dengan spesialis dan dapatkan bantuan yang profesional. Diagnosis dini dapat mencegah pembedahan.

3. Berpartisipasi dalam penggalangan dana

Pengetahuan tentang endometriosis masih kurang. Berpartisipasilah dalam acara lokal, penggalangan dana, dan maraton untuk mempromosikan Hari Peduli Endometriosis.

Lima Fakta Menarik tentang Endometriosis

1. Hamil mungkin bisa membantu
Kehamilan dan peningkatan kadar progesteron seringkali meredakan gejala.

2. Perempuan terkena dampaknya di seluruh dunia
Endometriosis sebagian besar menyerang wanita pada usia reproduksi, yakni usia 12-52 tahun.

3. Kemungkinan ada unsur genetika
Penelitian telah menunjukkan kemungkinan adanya komponen genetik terkait keberadaan endometriosis.

4. Nyeri panggul kronis adalah gejala utama
Sakit perut parah yang terjadi di luar hari-hari menstruasi merupakan gejala utama dari endometriosis.

5. Diagnosis membutuhkan waktu lama
Dibutuhkan delapan tahun sejak timbulnya gejala untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Mengapa Hari Peduli Endometriosis Penting

1. Untuk membutuhkan kesadaran
Menurut Endometriosis Foundation of America, kesadaran adalah masalah terbesar dalam memerangi endometriosis. Seluruh bulan dan hari di bulan Maret didedikasikan terutama untuk menciptakan kesadaran.

2. Endometriosis menyebabkan infertilitas
Endometriosis saat ini menjadi penyebab utama infertilitas. Oleh karena itu, menangani gejala secara dini merupakah langkah yang sangat penting.

3. Mempromosikan penelitian
Sepanjang bulan Maret, para profesional, peneliti, dan ilmuwan yang berspesialisasi dalam domain ini mengandalkan informasi yang dikumpulkan untuk menemukan pengobatan yang lebih baik untuk endometriosis. Hal ini akan menyebabkan lebih banyak perempuan terbantu secara global. (*/rus)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *